Memiliki hak jenis asuransi adalah pusat terdengar perencanaan keuangan. Beberapa dari kita mungkin memiliki beberapa bentuk asuransi tetapi sangat sedikit yang benar-benar mengerti apa itu atau mengapa seseorang harus memilikinya. Untuk asuransi India kebanyakan adalah bentuk investasi atau pajak luar biasa tabungan jalan. Mintalah orang rata-rata sekitar / nya investasi dan mereka bangga akan menyebutkan produk asuransi sebagai bagian dari investasi inti mereka. Dari sekitar 5% dari India yang diasuransikan proporsi mereka diasuransikan secara memadai jauh lebih rendah. Sangat sedikit dari asuransi pandangan tertanggung sebagai murni itu. Ada mungkin ada produk keuangan lain yang telah menyaksikan penjualan mis-seperti merajalela di tangan agen yang lebih antusias dalam menjual produk asuransi untuk menghubungkan investasi produktif mereka komisi lemak.

Apa Asuransi?

Asuransi adalah cara menyebarkan risiko keuangan yang signifikan dari orang atau badan usaha kepada sekelompok besar individu atau badan usaha dalam terjadinya suatu peristiwa malang yang telah ditetapkan. Biaya yang diasuransikan adalah kompensasi bulanan atau tahunan yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi. Dalam bentuk paling murni dari asuransi jika acara yang telah ditetapkan tidak terjadi sampai periode ditentukan uang yang dibayar sebagai kompensasi tidak diambil. Asuransi adalah efektif sarana untuk menyebarkan risiko di antara genangan orang yang diasuransikan dan meringankan beban keuangan mereka dalam hal mengejutkan.

Tertanggung dan Penanggung

Ketika Anda mencari perlindungan terhadap risiko keuangan dan membuat kontrak dengan penyedia asuransi Anda menjadi tertanggung dan perusahaan asuransi menjadi asuransi Anda.

Uang pertanggungan

Dalam Asuransi Jiwa ini adalah jumlah uang asuransi berjanji untuk membayar bila tertanggung meninggal sebelum waktu yang telah ditetapkan. Ini tidak termasuk bonus tambahan dalam kasus non-asuransi jangka. Dalam non-jiwa ini jumlah yang dijamin dapat disebut sebagai Sampul Asuransi.

Premi

Untuk perlindungan terhadap risiko keuangan perusahaan asuransi menyediakan, tertanggung harus membayar kompensasi. Hal ini dikenal sebagai premi. Mereka dapat dibayar setiap tahun, kuartalan, bulanan atau diputuskan dalam kontrak. Jumlah total premi yang dibayarkan adalah beberapa kali lebih rendah daripada asuransi atau tidak akan masuk akal untuk mencari asuransi sama sekali. Faktor-faktor yang menentukan premi adalah penutup, jumlah tahun yang asuransi dicari, usia tertanggung (individu, kendaraan, dll), untuk beberapa nama.

Calon

Penerima yang ditentukan oleh tertanggung untuk menerima uang pertanggungan dan manfaat lainnya, jika ada adalah calon. Dalam kasus asuransi jiwa itu harus orang lain selain dari tertanggung.

Kebijakan Jangka

Jumlah tahun Anda ingin perlindungan untuk adalah istilah kebijakan. Istilah diputuskan oleh tertanggung pada saat membeli polis asuransi.

Pengendara

Polis tertentu yang mungkin menawarkan fitur tambahan sebagai add-ons selain penutup yang sebenarnya. Ini dapat dicairkan dengan membayar premi tambahan. Jika fitur-fitur itu harus dibeli secara terpisah mereka akan lebih mahal. Misalnya Anda bisa menambahkan pada pengendara kecelakaan diri dengan asuransi jiwa Anda.

Menyerah Nilai dan Paid-up Nilai

Jika Anda ingin keluar dari kebijakan sebelum masa tugasnya berakhir Anda dapat menghentikan dan mengambil kembali uang Anda. Jumlah perusahaan asuransi akan membayar Anda dalam hal ini disebut nilai menyerah. Kebijakan ini tidak lagi ada. Sebaliknya jika Anda hanya berhenti membayar premi pertengahan jalan tetapi tidak menarik uang jumlahnya disebut sebagai disetor. Pada akhirnya istilah ini perusahaan asuransi membayar Anda dalam proporsi nilai disetor.

Sekarang Anda tahu istilah ini adalah bagaimana asuransi bekerja dalam kata-kata sederhana. Sebuah perusahaan kolam premi asuransi dari sekelompok besar orang yang ingin mengasuransikan terhadap jenis tertentu kehilangan. Dengan bantuan aktuaris perusahaan yang datang dengan analisis statistik dari kemungkinan kerugian aktual yang terjadi di sejumlah orang dan premi perbaikan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti yang disebutkan sebelumnya. Ia bekerja pada kenyataan bahwa tidak semua tertanggung akan mengalami kerugian pada saat yang sama dan banyak mungkin tidak menderita kerugian sama sekali dalam waktu kontrak.

Jenis Asuransi

Berpotensi risiko yang dapat dikuantifikasi dalam bentuk uang dapat diasuransikan. Untuk melindungi orang yang dicintai dari hilangnya penghasilan karena kematian belum matang seseorang dapat memiliki polis asuransi jiwa. Untuk melindungi diri Anda dan keluarga Anda terhadap biaya pengobatan yang tak terduga Anda dapat memilih untuk kebijakan Mediclaim. Untuk melindungi kendaraan Anda terhadap perampokan atau kerusakan dalam kecelakaan Anda bisa memiliki polis asuransi bermotor. Untuk melindungi rumah Anda terhadap pencurian, kerusakan akibat bahaya kebakaran, banjir dan lainnya Anda dapat memilih asuransi rumah.

Bentuk asuransi yang paling populer di India adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor. Selain ini ada bentuk lain juga yang dibahas secara singkat dalam paragraf berikut. Sektor asuransi diatur dan dipantau oleh IRDA (Insurance Regulatory dan Pengembangan Authority).

Asuransi Jiwa

Ini bentuk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko keuangan dalam hal kematian dini dari tertanggung. Ada 24 perusahaan asuransi jiwa bermain di arena yang Asuransi Jiwa Corporation India adalah perusahaan sektor publik. Ada beberapa bentuk kebijakan asuransi jiwa bentuk yang paling sederhana dari yang rencana jangka. Kebijakan kompleks lainnya adalah endowment plan, rencana seumur hidup, rencana uang kembali, ULIPs dan anuitas.

Asuransi Umum

Semua kebijakan asuransi lain selain jatuh Asuransi Jiwa dibawah Asuransi Umum. Ada 24 perusahaan asuransi umum di India yang 4 yaitu Asuransi Nasional Company Ltd, New India Assurance Company Ltd, Oriental Ltd Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Asuransi Serikat India Ltd berada dalam domain sektor publik.

Kue terbesar non-jiwa dalam hal premi ditanggung bersama oleh asuransi kendaraan bermotor diikuti oleh asuransi rekayasa dan asuransi kesehatan. Bentuk lain dari asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan di India adalah asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi bisnis.

Membeli Asuransi

Ada jumlah sekian kebijakan untuk memilih dari. Karena kita tidak dapat meramalkan masa depan kita dan menghentikan hal yang tidak menyenangkan terjadi, memiliki asuransi adalah sebuah kebutuhan. Tapi Anda harus memilih dengan hati-hati. Jangan hanya pergi dengan apa agen memberitahu Anda. Membaca dokumen kebijakan untuk mengetahui apa yang dibahas, fitur apa saja yang ditawarkan dan apa peristiwa yang dikecualikan dari yang diasuransikan.

1. Tahu Kebutuhan Anda

Tentukan apa aset atau kejadian harus dilindungi terhadap kehilangan / kerusakan. Apakah Anda hidup, kesehatan, kendaraan, rumah? Selanjutnya menentukan apa jenis kerusakan atau bahaya persis akan menjadi aset paling mungkin terkena. Ini akan memberitahu Anda apa fitur yang harus Anda cari dalam suatu kebijakan. Tentu saja akan ada kerugian yang tidak dapat diramalkan dan biaya berurusan dengan mereka bisa sangat tinggi. Misalnya tidak ada yang bisa memprediksi bahwa mereka tidak akan pernah menderita penyakit kritis tidak peduli jika mereka sangat sehat saat ini.

Kesalahan terbesar ketika datang untuk membeli asuransi, terutama asuransi jiwa adalah untuk melihatnya sebagai sebuah investasi. Clubbing asuransi dan investasi dalam satu produk adalah ide yang buruk. Anda kehilangan keluar pada kedua front karena untuk premi Anda membayar penutup lagi yang bisa sudah masuk dalam rencana jangka panjang dan jika premi yang diinvestasikan dalam instrumen yang lebih baik kembali Anda sudah bisa beberapa kali lebih.

Berhati-hatilah terhadap agen yang ingin berbicara kepada Anda untuk membeli kebijakan yang tidak perlu seperti asuransi anak jiwa, asuransi kartu kredit, asuransi pengangguran, dan sebagainya. Alih-alih membeli asuransi terpisah untuk aset tertentu atau insiden mencari kebijakan yang mencakup sejumlah peristiwa yang mungkin di bawah penutup yang sama. Bila mungkin memilih pengendara yang masuk akal daripada membelinya secara terpisah. Kecuali ada kesempatan yang adil dari suatu peristiwa terjadi Anda tidak membutuhkan asuransi untuk itu. Misalnya kecuali Anda sangat rentan terhadap kecelakaan dan cacat karena sifat Anda dari pekerjaan atau alasan lain Anda tidak perlu kebijakan Asuransi Kecelakaan. Sebuah Asuransi Jiwa kebijakan yang baik dengan pengendara kematian karena kecelakaan atau pengabaian pengendara premium atau pengendara pendapatan kecacatan akan melakukan pekerjaan.

2. Memahami Fitur Produk dan Biaya

Cara terburuk untuk memilih produk asuransi atau asuransi adalah untuk membabi buta mengikuti rekomendasi dari agen atau teman. Cara yang baik untuk melakukannya adalah untuk berbelanja sekitar untuk produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menyaring orang-orang yang menawarkan premi yang lebih rendah untuk istilah yang sama seperti usia, jumlah penutup, dll Semua rincian yang Anda butuhkan tentang fitur produk dan biaya akan diberikan pada perusahaan website. Banyak polis asuransi sekarang dapat dibeli secara online. Membeli online adalah pintar karena premi yang lebih rendah karena penghapusan biaya agen. Jika membeli secara offline dalam kasus asuransi jiwa, agen memberitahu bahwa Anda hanya tertarik pada asuransi berjangka.

Sebelum Anda menandatangani kontrak pastikan Anda telah memahami apa yang item yang dicakup dan apa item yang dibebaskan dari penutup. Akan sangat dahsyat untuk belajar dalam hal kerusakan atau kerugian yang item yang berharap untuk menutupi dengan asuransi itu benar-benar dikecualikan. Begitu banyak orang terburu-buru untuk asuransi mereka setelah dirawat untuk penyakit hanya untuk menyadari bahwa penyakit tertentu yang dikecualikan. Memahami rincian seperti ketika penutup dimulai dan berakhir dan bagaimana klaim dapat diajukan dan kerugian dilaporkan.

Jangan memilih perusahaan asuransi karena teman lingkungan Anda adalah agen mereka dan tidak pernah membiarkan mereka membujuk Anda untuk membeli dari mereka. Premi asuransi berjalan selama bertahun-tahun dan itu berarti jumlah yang cukup besar uang. Terlepas dari premi yang dibebankan mencari layanan yang disediakan. Ketika Anda dihadapkan dengan bahaya yang Anda inginkan koleksi klaim diproses menjadi rumit dengan non-kooperasi staf di kantor perusahaan asuransi. Carilah jawaban dari orang-orang yang telah memiliki pengalaman sebelumnya dengan perusahaan untuk pertanyaan seperti bagaimana pelanggan yang ramah dan responsif perusahaan ketika datang ke penanganan klaim.

3. Mengevaluasi dan Upgrade in Time

Saat Anda berjalan dari satu tahap kehidupan yang lain atau ketika perubahan kebijakan tertanggung aset Anda harus ditinjau. Mungkin penutup Anda akan perlu ditingkatkan (atau menurun) atau Anda harus top up dengan pengendara. Beberapa contoh ketika Anda perlu untuk meninjau penutup Anda ketika Anda menikah, ketika Anda memiliki anak-anak, ketika pendapatan Anda meningkat secara substansial menurun Anda, ketika Anda membeli sebuah rumah / mobil dan ketika Anda bertanggung jawab untuk orang tua penuaan Anda.